Powered By Blogger

Minggu, 23 Februari 2014

Lihat Lebih Dekat (Mereka) 2

Adakah diantara kita yang menjadi aktivis rumah singgah? Yups, setidaknya kita sudah familier dengan dua kata tersebut. Dengan semakin banyaknya kelurga (mohon maaf) miskin, maka korelasinya anak jalanan tumbuh bak jamur di musim hujan. Rumah singgah menjadi alternative untuk tinggal dengan alasan kepentingan ekonomi dan keamanan bagi anak jalanan.  Namun, optimalisasi peran rumah singgah juga harus memperhatikan karakter pribadi secara individual. Artinya, adanya rumah singgah dapat menyediakan fasilitas-fasilitas keterampilan yang dibutuhkan anak jalanan, sekaligus dikelola dengan baik sehingga dapat memberikan hasil yang riil.

Pendidikan anak kurang beruntung mutlak harus diimplementasikan dan diupayakan secara sistematis dan terarah. Pendidikan dijadikan sebagai fasilitas untuk membantu mereka membuat hidup yang lebih baik. Jika demikian, maka pendidikan yang baik bagi mereka adalah pendidikan yang memiliki orientasi masa depan yang jelas, pendidikan yang bisa dilihat hasil dan manfaatnya.

Umumnya pribadi mereka berorientasi pada nilai-nilai praktis yang melihat pada hasil. Mengupayakan mereka untuk menempuh pendidikan formal dan pelatihan keterampilan berbasis entrepreneur bagi mereka, sudah semestinya menjadi prioritas kita.


APA YANG AKAN ANDA UPAYAKAN? Silahkan buat list nya, dan pastikan ada kontribusi kita untuk masa depan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar