Powered By Blogger

Minggu, 23 Februari 2014

Lihat Lebih Dalam (Mereka) 1

Masih berbicara tak jauh dari anak jalanan. Negeri kita tercinta ini masih menyimpan sejumlah anak-anak yang kurang beruntung dalam pemenuhan hak-haknya seperti pendidikan rendah, pemenuhan gizi kurang baik, minimnya dukungan social. Anak-anak yang kurang mampu (hidup ditempat kumuh, dijalanan, di kolong jembatan, dsb) mengalami perjalanan hidup yang keras. Kehidupan mereka banyak dihabiskan untuk mencari sesuap nasi dibandingkan untuk belajar maupun bermain yang seharusnya menjadi hak asasi anak. Ini tentu saja sangat memoengaruhi pribadi mereka. Seperti merasa rendah diri, tidak percaya diri, agresif/nakal.

In another side, bahwasanya mereka ini sebenarnya mampu untuk melakukan hal-hal yang lebih baik dan lebih bermanfaat asalkan diarahkan sesuai track sejak dini. Adapun sisi negative dari kepribadian harus dipoles dengan meningkatkan rasa kebanggaan diri (di sini saya berpendapat) dengan menghasilkan karya. Kalau lah kita lebih jeli, dapat kita lihat ternyata mereka ini unik. Mereka memiliki potensi perpaduan kepribadian sebagai anak-anak yang berjiwa ekonomi, social, dan mempunyai estetika. However???

Pertama, yang menunjukkan mereka sebagai anak-anak yang memiliki kepribadian ekonomi yaitu usaha mereka mencari uang dengan berbagai cara; berjualan koran, menyemir sepatu, mengamen, jualan asongan, membersihkan kaca mobil, dll. Kedua, berkepribadian social. Yakni terlihatnya solidaritas antar mereka, meskipun terhadap selain golongan mereka terlihat asocial, namun ketika kenal dan merasa nyaman dengan orang lain, mereka akan menjaga keharmonisan. Kemudian yang ketiga yaitu mempunyai estetika. Yaaa, kita akui kreativitas mereka pada seni music, seni tari, seni rupa, pribadi yang ekspresif, dan sebagainya, meskipun pada sisi ini harus diberikan stimulus terlebih dahulu.


Hakekatnya jiwa mereka terbentuk sebagai jiwa anak manusia yang kuat dan tahan terhadap persoalan-persoalan. Untuk itu, pribadi mereka sedini mungkin diarahkan sesuai dengan karakter mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar