Powered By Blogger

Selasa, 27 Mei 2014

Hablu Minal Alam

Dear, Alhamdulillah barusan ditelfon ibu untuk senantiasa membentengi diri dan menjaga hubungan baik dengan Alloh dan rekan sesama. InsyaAlloh itu memang yang selalu terpatri setiap langkah. Tapi dari nasehat ibu rasanya ada yang kurang, yaitu menjaga dan mencintai lingkungan. Alloh mempersilakan kita untuk memanfaatkan alam dengan sebaik-baiknya. Sudah menjadi kewajiban tugas manusia sebagai khalifah harus tercermin dengan cara melestarikan dan memelihara bumi. Kebetulan, karena tidak diingatkan oleh ibu, saya mencoba mengingatkan diri sendiri. Jadi, (berdasarkan sumber yang pernah saya baca) untuk memelihara lingkungan ada beberapa tahap pengelolaannya :
1. Reduce
Sebisa mungkin meminimalisir penggunaan alat-alat atau perlengkapan yang bisa mencemari lingkungan. Misalnya mengurangi penggunaan kantong plastik dalam keseharian.
2. Reuse
Dalam hal ini memanfaatkan kembali barang yang telah dipakai. Simpan barang tersebut, dan gunakan kembali dalam situasi yang dibutuhkan.
3. Recycle
Untuk daur ulang dilakukan dengan memanfaatkan barang-barang bekas menjadi barang yang bisa dimanfaatkan kembali.
4. Rethink
Kita harus menimbang ulang barang-barang mana yang bisa dibuang dan mana yang dapat digunakan kembali.
5. Repair
Adalah tidakan untuk menggunakan kembali barang yang telah dipakai dengan cara memperbaikinya, atau bahkan dapat meningkatkan fungsi barang.

Masih cuek dengan alam? 

"Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Alloh) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Alloh amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik"
(Al-Araf:56)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar